Sejarah Excel Yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak program spreadsheet yang bisa kamu gunakan, salah satunya Microsoft Excel. Excel merupakan program yang dikembangkan serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation.

sejarah-excel

Microsoft mulai mengembangkan program spreadsheet untuk menyaingi saingannya yaitu Lotus 1-2-3, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder "do everything 1-2-3 does and do it better". Karena seperti yang Saya ketahui bahwa Lotus sangat populer dalam sistem MS-DOS. Namun disisi lain, Excel juga sangat populer dalam sistem - sistem CP/M.

Sejarah Excel

Pada tahun 1985, microsoft merilis versi pertama untuk Macintosh kemudian disusul versi Windows pada tahun 1987. Dengan dirilisnya Microsoft Excel, sangat membantu penggunanya dalam mengolah data dan lain - lain.

Dikarenakan Lotus lambat memasuki sistem operasi CP/M atau windows, pada tahun dirilisnya Microsoft excel, Lotus mulai digeser dalam pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer sangat diminati oleh penggunanya.

Dengan keunggulan - keunggulannya serta setiap dua tahun sekali Microsoft Excel selalu melakukan update versi terbaru mereka membuat Lotus 1-2-3 semakin tertinggal. Meski awal dirilis Excel juga memiliki beberapa masalah seperti dituntut oleh perusahaan lain yang menjual perangkat lunak dengan nama Excel.

Namun, pada akhirnya pihak Microsoft kalah dari tuntut tersebut dan mengubah nama menjadi Microsoft Excel. Hingga saat ini, penggunaan nama Microsoft Excel masih terus digunakan.

Kelebihan dari Microsoft Excel dibanding dengan program spreadsheet yang lain yaitu:
  • Memberikan izin kepada penggunanya untuk mengubah font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel
  • Memberikan penghitungan kembali pada sel - sel secara baik
  • Memberikan fitur pengolahan grafik yang sangat baik
  • Memiliki kemampuan menampung data yang sangat besar dimana Microsoft Excel memiliki 1 juta baris dan 16 ribu kolom dalam 1 sheet.
  • Microsoft Excel memiliki format yang sangat populer serta fleksibel, sehingga data entry memiliki fitur konversi ke format excel atau format yang lain.
  • Memiliki banyak rumus yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dalam mengolah data atau menghasilkan dokumen yang berkualitas

Apa Fungsi dari Excel?

Sebenarnya jika didalami secara serius, Microsoft Excel memiliki banyak fungsi untuk penggunanya, seperti:
  • Melakukan pengolahan data dan membuat data lebih rapi
  • Dapat mengkonversi mata uang
  • Dapat melakukan berbagai perhitungan secara statistika
  • Mampu menganalisa data secara baik

Perkembangan Excel?

Sepengetahuan Saya, Microsoft Excel sudah melalukan update sebanyak 33 kali dimulai pada tahun 1985 sampai tahun 2018. Hal ini membuktikan bahwa pihak Microsoft benar - benar menjaga kualitas produknya serta memberikan kenyamanan yang penuh kepada penggunannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan ke link berikut.

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel

Beberapa Menu bar Pada Microsoft Excel

Sampai saat ini, Excel memiliki 8 menu bar dan masing - masing menu bar memiliki tool bar yang dapat digunakan oleh penggunannya, seperti:
  1. Home
  2. Insert
  3. Page Layout
  4. Formula
  5. Data
  6. Review
  7. View
  8. Developer

Cara Mendapatkan Excel?

Bagi sebuah perusahaan, Microsoft Excel merupakan salah aplikasi yang wajib digunakan dan dikuasi oleh karyawannya. Oleh karena itu, jika kalian ingin mendapatkan atau mempelajari Microsoft Excel, silahkan Anda mengunjungi link dibawah

https://products.office.com/id-id/excel

Pada link diatas, pihak Microsoft memberikan 2 pilihan, apakah kalian ingin membeli atau mencoba secara gratis.

Itulah penjelasan dari Saya mengenai Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau ingin memberikan masukkan, jangan ragu untuk memberikan komentar Anda pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Excel Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel